13 Agt 2011

PENGAUDITAN SALDO INVESTASI DALAM SEKURITAS DAN KAS

PENGAUDITAN SALDO INVESTASI DALAM SEKURITAS DAN KAS


Dua jenis ketidakberesan yang berkaitan dengan kas yaitu kitting ( menyangkut transfer bank) dan Lapping ( menyangkut penyalahgunaan kas).

INVESTASI DALAM SEKURITAS KAS

   TINJAUAN UMUM DALAM SEKURITAS
Investasi dalam sekuritas dapat dilakukan dalam bentuk investasi jangka panjang ( dengan motif untuk mendapat hasil berupa bunga atau deviden jangka panjang ) dan investasi jangka pendek ( hanya sekedar memanfaatkan kelebihan kas sambil menunggu sebelum diinvestasikan dalam aktiva produktif). Deviden dan bunga yang diterima dari investasi menyangkut transaksi penerimaan kas. Maka auditor harus memahami berbagai dimensi penilaian, penggolongan, dan pengungkapan yang berkaitan dengan investasi dalam sekuritas saham dan obligasi.

TUJUAN AUDIT
   Kategori Asersi
Keberadaan atau keterjadian : pendapatan investasi, laba dan rugi direalisasi, dan laba / rugi belum direalisasi dimasukkan sebagai pendapatan berasal dari transaksi dan kejadian yang terjadi selama periode yang diperiksa (AT1)

Investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang menurut pembukuan mencerminkan investasi yang ada pada tanggal neraca (AT2)

Kelengkapan : Semua transaksi dan kejadian yang mempengaruhi laporan rugi laba yang terjadi selama periode yang diperiksa telah termasuk dalam rekening rugi laba (L1)
Semua investasi jangka pendek dan jangka panjang sudah termasuk dalam rekening investasi di neraca (L2)

Hak dan Kewajiban : semua investasi yang tercatat dalam pembukuan adalah milik perusahaan (HK1)
Penilaian atau Pengalokasian : pendapatan investasi dan laba / rugi di realisasi dan belum di laporkan dalam jumlah yang tepat (NA1)

Investasi dilaporkan di neraca berdasarkan harga pasar, harga perolehan / cost, cost di amortisasi, atau jumlah yang ditetapkan berdasarkan metoda ekuitas, sesuai dengan investasi yang bersangkutan ( NA2)

Penyajian dan Pengungkapan : saldo – saldo investasi diidentifikasi dan dikelompokkan dengan tepat dalam laporan keuangan (SU1)

Pengungkapan yang tepat dilakukan untuk (1) investasi pada perusahaan yang memiliki hubungan istimewa, (2) dasar penilaian investasi, (3) penjaminan investasi (SU2)

PERTIMBANGAN - PERTIMBANGAN PERENCANAAN AUDIT

Materialitas : Sekuritas yang dimiliki Perusahaan sebagai investasi jangka pendek mungkin material bagi solvabilitas perusahaan jangka pendek, tetapi pendapatan dari sekuritas jarang signifikan terhadap hasil operasi perusahaan ( kecuali perusahaan bergerak di bidang sektor jasa keuangan ). Sekuritas yang dimiliki perusahaan sebagai investasi jangka panjang mungkin material, baik bagi negara maupun laporan rugi – laba, tergantung pada perusahaan yang bersangkutan.

Risiko Bawaan : Risiko bawaan untuk investasi dipengaruhi oleh berbagai faktor. Sekuritas rentan terhadap pencurian, dan akuntansi untuk investasi menjadi semakin kompleks. 

Risiko Prosedur Analitis : Membandingkan data tahun ini dengan data tahun lalu, atau bisa juga dilakukan dengan membandingkan data sesungguhnya dengan data menurut anggaran. Selisih yang besarnya diluar dugaan bisa merupakan petunjuk adanya salah saji yang berkaitan dengan asersi keberadaan atau keterjadian, kelengkapan, penilaian atau pengalokasian, dan penyajian dan pengungkapan. Tingkat hasil investasi dalam sekuritas yang lebih rendah dari prakiraan pada investasi dengan metoda ekuitas disebabkan oleh kekeliruan dalam pencatatan : bagian investasi investor dalam laba investee, atau amortisasi kelebihan cost investor diatas nilai buku investasi.

Risiko Pengendalian : investasi harus dibebankan kepada para pejabat perusahaan seperti direktur keuangan. Orang yang diberi kewenangan harus memiliki : integritas yang tidak diragukan, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan sebagai orang yang diberi tugas untuk melaksanakan transaksi, menyadari arti penting pelaksanaan semua prosedur pengendalian yang ditetapkan perusahaan, dan dapat membantu anggota manajemen dalam membuat penetapan resiko atas investasi – investasi individual.

DOKUMEN DAN CATATAN
- Sertifikat saham : menunjukan jumlah lembar saham yang dimiliki seseorang pemegang saham 
  dalam suatu perseroan.
- sertifikat obligasi : menunjukan jumlah lembar obligasi yang dimiliki oleh seorang pemegang obligasi.
- Perjanjian obligasi : berisi ketentuan yang berkaitan dengan obligasi yang di terbitkan perusahaan.
- Pemberitahuan dari broker : dokumen informasi harga pertukaran transaksi investasi yang di buat 
  broker.
- Laporan Broker : laporan bulanan yang diterbitkan broker tentang sekuritas yang disimpan broker.
- Buku jurnal : digunakan untuk mencatat hal – hal tertentu ( pendapatan bunga , penyesuaian harga 
  pasar dan pendapatan yang diperoleh ).
- Buku pembantu investasi : memiliki portofolio yang terdiri dari banyak saham berbeda dan dapat 
  digunakan sebagai buku pembantu untuk golongan investasi.



Tidak ada komentar:

 

SECRET !!!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea